Selamat Datang Di Blog MAKALAH DAN SKRIPSI
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog MAKALAH DAN SKRIPSI,
disini Anda dapat mencari bahan tugas hukum, ekonomi, Pendidikan, Pertanian, Sosial dan Politik. Contoh untuk hukum: makalah etika profesi dan penegakkan hukum, hukum agraria, pidana khusus, filsafat hukum, antropologi hukum, proposal penelitian hukum dan lain-lain.

PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DAN MATERI EVOLUSI DI SMA N I TIRTAYASA

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Evoluasi merupakan suatu konsep yang terdapat pada pelajaran biologi terutama kelas XII semester 2. Mater tentang evolusi sering menimbulkan pro dan kontra. Kadang teori evolusi membuat kita mencari kebenaran dari teori yang di berikan.

Dari fenomena tersebut kelompok kami melakukan penelitian sejauh mana motivasi dan kompetensi siswa dalam memahami teori evolusi. Kompetensi di kemukakan oleh Charles dan Jhonson cs (194:3) kompetensi merupakan perilaku yang rasional untuk mencapai tujuan yang dipersyaratkan sesuai dengan kondisi yang diharapkan.

Sehingga kelompok kami melakukan penelitian bagaimana persepsi mereka (siswa) terhadap pengajaran tentang teori evolusi. Apa hasil yang diharapkan sesuai atau tidak, jika tidak kita dapat memperbaiki kinerja pembelajaran materi evolusi di kemudian hari.

1.2 Rumusan Masalah

A. Bagaimanakah persepsi siswa terhadap kompetensi guru ?

B. Bagaimanakah pemahaman siswa terhadap materi evolusi ?

1.3 Tujuan Penelitian

A. Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru

B. Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi evolusi

1.4 Manfaat Penelitian

A. Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran materi evolusi.

B. Untuk mengetahui sejauh mana siswa mengerti tentang materi evolusi yang diajarkan oleh guru biologi

C. Untuk menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat dalam penyampaian materi evolusi.


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Evolusi adalah proses perubahan benda-benda mati dan makhluk hidup yang berlangsung secara berangsur-angsur atau sedikit demi sedikit dalam kurun waktu yang cukup lama. Paham evolusu makhluk hidup sesungguhnya pernah tercetus sebelum Charles Darwin menerbitkan bukunya “On the origin of species by mean of natural selection, and the preservation of favoured races in the straggle for life” pada tahun 1859. bahkan sudah tercetus pada masa ± 400 tahun sebelum masehi. Kenyataan bahwa makhluk hidup beraneka ragam mengalami perubahan, sudah terjadi sejak lama namun hal ini tidak melahirkan konsep evolusi seperti yang terjadi pada Charles Darwin.

Pemikiran tentang evolusi telah di mulai sejak Anaximander (610-564 SM) dan pada abad selanjutnya konsep evolusi modern ini dikembangkan oleh beberapa tokoh seperti Jean Baptiste Lamarck (1744-1829) Charles Iyell (1971-1875) dan Charles Robert Darwin (1809-1882) melalui bukunya philosophie zoologigue (1809), dan lamarck mengenalkan hukum philosophie “use and disuse” yang menyatakan bahwa organ tubuh melalui hidup yang digunakan terus-menerus akan berkembang sedangkan organ yang tidak digunakan akan menyusut. (A. Syujur. 2005:104).

Salah satu dakwaan teori evolusi yang paling penting ialah asas perkembangan hidup yang bergantung kepada “perjuangan untuk hidup.” Di alam semula jadi, menurut Darwin, di dalam alam ini terdapat berbagai pertarungan untuk hidup yang tidak mengenal arti bertajuk the origin of species telah menguraikan subjek ini.

Di dalam buku “Darwin, Marx, Wagner.” Pensyaran ilmu sejarah Jacques Barzum telah menafsirkan kesan-kesan keberadaan moral dunia modern kini dari segi sains kemasyarakatan dan kebudayaan. Ulasan berikut di petik dari pada buku beliau yang mengimbas pengaruh Darwinisme kepada dunia.

BAB III

METODOLOGI

3.1 Waktu dan Tempat

Penelitian ini dilakukan pada tanggal 07 April 2007 di SMAN I TIRTAYASA.

3.2 Populasi dan Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMAN TIRTYASA dengan sampel kelas XII IPA1 yang dipilih secara langsung oleh guru kurikulum SMAN I TIRTAYASA.

3.3 Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan penelitian yang menggunakan angket dan wawancara. Pada angket ditujukan kepada siswa sedangkan untuk wawancara ditujukan kepada guru Biologi yang mengajar di SMAN I TIRTAYASA.


BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Wawancara

Berdasarkan hasil wawancara yang kami lakukan dengan guru Biologi kelas XII Bu Evi mulyati S.Pd SMAN I TIRTAYASA mengenai metode atau media yang digunakan untuk pembelajaran evolusi di SMAN I TIRTAYASA, dan tentang hambatan/kendala pada saat mengajarkan materi evolusi. Menurut Bu Evi kendala yang terjadi pada saat mengajar yaitu tidakadanya media untuk diperlihatkan ke siswa tentang teori evolusi dan kurangnya fasilitas di SMAN I TIRTAYASA, selain itu faktor waktu juga sangat berpengaruh, materi evolusi diajarkan pada kelas XII pada semester akhir sehingga waktu yang didapatkan untuk penjelasan materi ini kurang, karena untuk kelas XII difokuskan untuk persiapan UAN, seperti PRA-UAN, ujian praktek dan tryout. Sehingga materi evolusi lebih ditekankan pada pembahasan seleksi alam dan pada genetika.

Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi evolusi yaitu metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta observasi ke geologi yang terdapat di Bandung. Menurut Bu evi metode yang sesuai dan mendapatkan respon yang banyak dari siswa yaitu observasi di geologi, karena siswa dapat melihat langsung fosil-fosil dan gurupun lebih mudah menjelaskan materi tersebut, sehingga siswanya lebih cepat mengerti dan paham

4.2 Kuesioner Motivasi siswa

A. Saya sangat senang terhadap mata pelajaran evolusi

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

30,00%

2.

Setuju

63,3%

3.

Tidak setuju

6,67%

4.

Sangat tidak setuju

-

B. Saat menjelaskan materi evolusi, guru selalu mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, sehingga lebih mudah dipahami

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

53,3%

2.

Setuju

36,7%

3.

Tidak setuju

10%

4.

Sangat tidak setuju

-

C. Saya mengalami kesulitan pada saat guru menjelaskan materi evolusi

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

3,33%

2.

Setuju

20%

3.

Tidak setuju

66,7%

4.

Sangat tidak setuju

10

D. Pada saat guru memberikan tugas tentang evolusi, selalu saya kerjakan dengan semangat karena saya sangat menyukainya

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

70,00%

2.

Setuju

10,00%

3.

Tidak setuju

20,00%

4.

Sangat tidak setuju

-

E. Saat guru menjelaskan materi evolusi saya selalu memperhatikan dengan serius

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

26,7%

2.

Setuju

70,00%

3.

Tidak setuju

3,33%

4.

Sangat tidak setuju

-

F. Saat disuruh guru menjelaskan kembali materi evolusi, saya mengalami kesulitan untuk memaparkannya

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

13,3%

2.

Setuju

36,7%

3.

Tidak setuju

46,7%

4.

Sangat tidak setuju

3,33%

G. Pada saat pembelajaran evolusi guru menggunakan metode diskusi sehingga saya bermotivasi belajar

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

33,3%

2.

Setuju

46,7%

3.

Tidak setuju

16,7%

4.

Sangat tidak setuju

3,33

H. Saya yakin dengan usaha yang keras dan belajar yang optimal, saya bisa mendapatkan nilai mata pelajaran evolusi yang bagus

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

60,0%

2.

Setuju

40,0%

3.

Tidak setuju

-

4.

Sangat tidak setuju

-

I. Menurut saya pelajaran evolusi sangat susah untuk dipahami dan membosankan,karena terlalu banyak teori untuk dipelajari

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

3,33%

3.

Tidak setuju

70,0%

4.

Sangat tidak setuju

20,0%

J. Saya belum memahami apa sebenarnya manfaat pelajaran evolusi dalam kehidupan sehari-hari

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

33,3%

3.

Tidak setuju

43,3%

4.

Sangat tidak setuju

16,7%

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa presentasi yang didapat sesuai dengan skor. Skor yang diambil dengan cara pada setiap pernyataan tersebut positif nilai 4, pada kategori sangat setuju, 3 untuk kategori setuju, 2 untuk kategori tidak setuju dan 1 untuk kategori sangat tidak setuju. Sedangkan untuk pernytaan negative angka tersebut dibalik. Dari data tersebut didapat kategori sebagai berikut :

30 x 4 = 120 x 10 = 1200

30 x 3 = 90 x 10 = 900

30 x 2 = 60 x 10 = 600

30 x 2 = 30 x 10 = 300 jadi

-0-300 : Kurang

-301-600 : Cukup

-601-900 : Baik

-901-1200 : Sangat baik

Skor skala sikap motivasi siswa adalah 884 dengan kategori baik.


4.3 Kuesioner Tentang materi Evolusi

A. Guru sangat interaktif dalam menyampaikan pelajaran evolusi sehingga siswa merasa semangat dan antusius

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

36,7%

2.

Setuju

50,0%

3.

Tidak setuju

13,3%

4.

Sangat tidak setuju

-

B. Setiap saya bertanya tentang materi evolusi, guru selalu menjawabnya dengan jelas sehingga saya bisa lebih memahami tentang materi yang disampaikan

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

43,3%

2.

Setuju

43,3%

3.

Tidak setuju

13,3%

4.

Sangat tidak setuju

-

C. Jika ada teman yang mengobrol saat proses pembelajaran berlangsung, guru menegurnya dengan kata-kata yang halus

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

43,3%

2.

Setuju

43,3%

3.

Tidak setuju

13,3%

4.

Sangat tidak setuju

-

D. Guru tidak pernah memarahi saya walaupun saya tidak mengerjakan tugas evolusi, sehingga saya merasa malas untuk mengerjakan tugas evolusi.

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

6,67%

3.

Tidak setuju

60,0%

4.

Sangat tidak setuju

26,7

E. Menurut saya kemampuan guru tentang penguasaan materi evolusi sangat minim

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

10,0%

3.

Tidak setuju

50,0%

4.

Sangat tidak setuju

3,3%

F. Penjelasan guru tentang materi evolusi selalu berbelit-belit dan bahasanya sulit dipahami

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

16,7%

2.

Setuju

10,0%

3.

Tidak setuju

50,0%

4.

Sangat tidak setuju

23,3%

G. Guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang berbeda setiap minggunya, sehingga siswa tidak pernah merasa bosan dan selalu bersemangat

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

23,3%

2.

Setuju

53,3%

3.

Tidak setuju

23,3%

4.

Sangat tidak setuju

-

H. Guru lebih sering menjelaskan materi dengan ceramah, sehingga siswa merasa mengantuk dan tidak bisa memahami apa yang disampaikan.

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

13,3%

2.

Setuju

26,7%

3.

Tidak setuju

46,7%

4.

Sangat tidak setuju

13,3%

I. Walau saya sudah berusaha mengerjakan tugas evolusi secara maksimal tetapi guru tidak pernah memberikan penghargaan sehingga saya merasa usaha saya sia-sia.

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

10,0%

2.

Setuju

13,3%

3.

Tidak setuju

53,3%

4.

Sangat tidak setuju

23,3%

J. Setiap kegiatan belajar mengajar guru selalu duduk, sehingga suasana belajar membosankan

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

6,67%

2.

Setuju

16,7%

3.

Tidak setuju

56,7%

4.

Sangat tidak setuju

20,0%

-0-300 : Kurang

-301-600 : Cukup

-601-900 : Baik

-901-1200 : Sangat baik

Dari data di atas didapatkan bahwa kompetensi guru di sekolah adalah 844 dengan kategori baik.

4.4 Kuesioner Tentang materi Evolusi

A. Menurut saya evolusi merupakan perubahan secara bertahap dalam waktu yang lama akibat seleksi alam dalam suatu individu spesies untuk menghasilkan spesies baru

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

56,7%

2.

Setuju

33,3%

3.

Tidak setuju

3,33%

4.

Sangat tidak setuju

3,33%

B. Saya tidak sependapat dengan teori Darwin, karena dia menyatakan bahwa manusia berasal dari kera

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

26,7%

2.

Setuju

33,3%

3.

Tidak setuju

20,0%

4.

Sangat tidak setuju

16,7%

C. Saya setuju dengan teori adaptasi oleh Lamarck, karena dia menyatakan bahwa organ yang sering digunakan akan berkembang dengan baik, sedangkan yang tidak digunakan akan mengalami atrofi atau penyusutan

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

30,0%

2.

Setuju

63,3%

3.

Tidak setuju

33,3%

4.

Sangat tidak setuju

16,7

D. Menurut saya teori evolusi itu bertentangan dengan ajaran agama

No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

10,0%

2.

Setuju

40,0%

3.

Tidak setuju

33,3%

4.

Sangat tidak setuju

16,7

E. Menurut saya fosil itu merupakan bukti adanya kehidupan pada masa lampau


No.

Keterangan

Presentase

1.

Sangat setuju

60,0%

2.

Setuju

40,0%

3.

Tidak setuju

-

4.

Sangat tidak setuju

-

Dari data di atas didapatkan, skor dari skala sikap siswa tentang materi evolusi, skor yang didapat yaitu 488 dari 5 pertanyaan :

0-300 : Kurang

-301-600 : Cukup

-601-900 : Baik

-901-1200 : Sangat baik

sehingga disimpulkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi evolusi cukup baik.

Enter your email address to get update from All Of Cinta.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. makalah dan skripsi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger