Pengertian Insentif


Guna membahas lebih lanjut insentif, disini penulis akan membahas pengertian insentif yang kutip dari beberapa ahli manajemen, antara lain :

Menurut T. Hani Handoko (2002:176), menyatakan bahwa pengertian insentif adalah :

“Perangsang yang ditawarkan kepada para karyawan untuk melaksanakan kerja sesuai atau lebih tinggi dari standar-standar yang telah ditetapkan”.

Sedangkan menurut Malayu SP. Hasibuan (2001:118), mengatakan bahwa insentif adalah :

“Tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan tertentu yang prestasinya diatas prestasi standar”.

Menurut Anwar Prabu Mangkungara (2002:89), mangatakan pengertian insentif adalah :

“Suatu penghargaan dalam bentuk uang yang diberikan oleh pihak pemimpin organisasi kepada karyawan agar mereka bekerja dengan motivasi yang tunggi dan berprestasi dalam pencapaian tujuan-tujuan organisasi”.

Hendri simamora (2004:514), mengatakan bahwa pengertian insentif adalah :

“Kompensasi yang mengaitkan bayaran atas dasar untuk dapat meningkatkan produktivitas para karyawan guna mencapai keunggulan yang kompetitif”.

Menurut H. Hadari Nawawi (2003:317), mengemukakan bahwa insentif adalah :

“Penghargaan atau ganjaran yang diberikan untuk memotivasi para karyawan agar produktiviyasnya tinggi dan sifatnya tidak tetap”.

Sedangkan menurut Mutiara S. Panggabean (2002:89), mengatakan bahwa insentif adalah :

“Penghargaan dalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka yang dapat bekerja melampaui standar yang telah ditentukan”.

Jadi menurut pendapat para ahli diatas, dapat penulis simpulkan bahwa insentif adalah suatu penghargaan dalam bentuk material atau non material yang diberikan oleh pihak pimpinan organisasi perusahaan kepada karyawan agar mereka bekerja dengan motivasi yang tinggi dan berprestasi dalam mencapai tujuan-tujuan perusahaan, dengan kata lain pemberian insentif adalah pemberian uang diluar gaji sebagai pengakuan terhadap prestasi kerja dan kontribusi terhadap karyawan kepada perusahaan. Pelaksanaan insentif dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas karyawan dan mempertahankan karyawan yang berprestasi agar tetap berada dalam perusahaan. Insentif adalah dorongan agar seseorang agar mau bekerja dengan baik dan agar dapat mencapai produktivitas yang tinggi sehingga dapat membangkitkan gairah kerja dan motivasi yang tinggi.


3 komentar:

ario saja mengatakan...

wah dah lengap landasan teorinya sekarng tinggal perumusan masalah dan definisi operasional variabel

Caray mengatakan...

Kalau saya kasih teori, rumusan masalah, dan operasional variabel, ntar yang lain.. juga minta sekalian pembahasannya.
Di blog ini Saya cuman kasih penggalan-penggalan skripsi, Sebagai sumber inspirasi dan bahan perbandingan atau yang lainnya, bukan untuk pembodohan dengan mengcopy paste tanpa ada pengkajian. Kalau mau skripsi lengkapnya kirim email di atas. Terimakasih komentarnya.

bloggqu mengatakan...

wah.. sip deh..sangat ngebantu banget nih penggalan nya.. cuma ada yg kurang bos... dafter pustakanya bos... perlu juga tuh, gw mau sekalian nyari bukunya...
mohon petunjuk bos.. tq yah.
sukses selalu,

henki

Template by : kendhin x-template.blogspot.com