Usaha-usaha Yang Dilakukan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja


Produktivitas dihasilkan melalui perpaduan antara prestasi kerja dan teknologi yang digunakan, kedua variabel selalu mendukung dan mempengaruhi.

Lalu variabel apa yang mempengaruhi prestasi ? prestasi kerja dihasilkan oleh perpaduan antara kemampuan (Ability) dan kemauan (Motivasi). Cara meningkatkan “kemampuan” tentunya adalah dengan merekrut orang yang sudah mampu atau melatih yang sudah ada.

Masalah peningkatan produktivitas kerja dapat dilihat sebagai masalah keprilakuan, tetapi juga dapat mengandung aspek teknis, untuk mengatasi masalah itu perlu pemahan yang tepat tentang usaha-usaha penentu keberhasilan meningkatkan produktivitas menurut Sondang P. Siagian (2002:10) diantaranya sebagai berikut :

  1. Perbaikan terus menerus (perubahan strategi organisasi, perubahan dalam pemanfaatan teknologi).

  2. Peningkatan mutu hasil pekerjaan

  3. Pemberdayaan sumber daya manusi

Ada beberapa faktor yang menentukan besar kecilnya produktivitas suatu instansi menurut Ambar Teguh Sulistiani dan Rosidah (2003:200), antara lain :

    1. Knowledge

    2. Skills

    3. Abillities

    4. Attitude

    5. Behavior


Pengetahuan dan keterampilan yang sesungguhnya yang mendasari pencapaian produktivitas. Ada beberapa substansial antara kemampuan dan keterampilan. Konsep pengetahuan berorientasi pada integelensi, daya fikir dan penguasaan ilmu serta luas sempitnya wawasan yang dimiliki seseorang. Dan selain itu ditunjang oleh kemampuan, sikap dan tingkah laku.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com