Selamat Datang Di Blog MAKALAH DAN SKRIPSI
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog MAKALAH DAN SKRIPSI,
disini Anda dapat mencari bahan tugas hukum, ekonomi, Pendidikan, Pertanian, Sosial dan Politik. Contoh untuk hukum: makalah etika profesi dan penegakkan hukum, hukum agraria, pidana khusus, filsafat hukum, antropologi hukum, proposal penelitian hukum dan lain-lain.

HAMA TANAMAN KEDELAI

HAMA TANAMAN KEDELAI

Ulat Grayak (Spodoptera litura/Prodenia litura)

Ulat grayak yang masih muda berwarna kehijauan, sedangkan ulat dewasanya berwarna kecokelatan atau abu-abu gelap dan berbintik-bintik hitam serta bergaris-garis keputihan. Ulat grayak berumur 20 hari untuk kemudian menjadi kepompong tersebut berada dalam tanah.

Ulat grayak memakan daun dan memakan polong-polong yang masih muda. Daun yang diserang ulat grayak berlubang-lubang, kemudian menjadi robek-robek. Pada serangan berat, daun tinggal tulang-tulangnya saja. Ulat grayak menyerang tanaman pada malam hari. Pada siang hari, ulat grayak bersembunyi di dalam tanah atau di tempat-tempat teduh seperti di balik daun. Ulat grayak memiliki kemampuan merusak tanaman kedelai sangat besar. Seekor ulat dewasa yang hidup pada tanaman umur 1-2 minggu dapat menyebabkan tanaman tidak berbuah sama sekali (Mahrita Wilis dan Muhammad Thamrin, 1994).

Pencegahan dan pengendalian ulat grayak dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

a. Dengan penggenangan sesaat dan membunuh ulat-ulat yang berada di dalam tanah, karena dengan genangan air dapat menyebabkan ulat tidak dapat bernapas dan segera mati.

b. Sanitasi kebun

c. Penanaman serempak dalam satu hamparan lahan yang luas

d. Memangkas daun yang menjadi sarang telur, kemudian dikumpulkan dan dibakar.

e. Dengan menyebarkan musuh alamiahnya, seperti Bacillus thuringiensis dan Borrelinavirus litura.

f. Memunguti ulat, lalu membunuhnya

g. Menangkap kupu-kupunya dengan menggunakan perangkap lampu minyak yang dibagian bawahnya diberi baskom yang berisi air dan minyak tanah, lalu dibunuh.

h. Pengolahan tanah yang intensif dapat membunuh kepompong dan ulat yang bersembunyi di dalam tanah.

i. Dengan penyemprotan insektisida, misalnya Curatron 500 EC, Matador, Decis 2,5 EC, Cateya 500 EC, atau Crowen 113 EC.

j. Dengan menggunakan perangkap feremoid sex (sex pheromone). Misalnya dengan ugratas biru yang dipasang dalam botol plastik volume 500 ml atau 1.000 ml, untuk lahan seluas 1 hektar tanaman kedelai dapat dipasang 15 botol.
Enter your email address to get update from All Of Cinta.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. makalah dan skripsi - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger