UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 SERANG PADA KONSEP PEREDARAN DARAH MELALUI PENGGUNAAN KARTU REVIEW

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 SERANG PADA KONSEP PEREDARAN DARAH MELALUI PENGGUNAAN KARTU REVIEW

A. Latar Belakang Masalah

Daya ingat merupakan komponen yang penting dalam belajar, terkadang banyak siswa yang sangat mudah lupa materi pelajaran yan telah diajarkan, bahkan yang baru saja diajarkan.

Bagi guru meningkatkan daya ingat siswa sangatlah penting, sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran yang telah diberikan guru.

Fenomena yang dihadapi adalah kurang ketertarikannya siswa terhadap pembelajaran sehingga materi yang diberikan cepat dilupakan begitu saja oleh siswa terutama mata pelajaran biologi, sehingga guru sulit untuk meneruskan pembelajaran berikutnya dikarenakan pemahaman terhadap metode pelajaran yang telah lalu oleh karena itu, upaya meningkatkan daya ingat siswa dalam belajar sangatlah penting.

Peningkatan daya ingat siswa yang sangat penting ini diukur dengan berbagai macam cara dengan menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan memaknai akan setiap materi yang diajarkan. Melalui penyediaan metode dan media pembelajaran salah satu media pembelajaran yang akan diuji adalah kartu review.

Kartu review digunakan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat siswa dalam materi yang telah digunakan. Kartu review terdiri dari berbagai macam warna.

Yang di dalamnya terdapat pertanyaan dan disisi lain terdapat jawabannya yang diletakkan dilain tempat dengan warna yang sama dengan warna yang sama dengan kartu review.

Pertanyaan yang ada di dalam kartu di baca dengan keras oleh siswa dan dijawab secara berkelompok. Setelah itu dilakukan pengulasan setelah kartu habis.

Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merasa perlu melakukan penelitian tentang peningkatan daya ingat dan hasil belajar siswa melalui kartu review.

B. Rumusan Masalah

1. Apakah penggunaan kartu review dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan kemampuan siswa ?

2. Apakah penggunaan kartu review dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?

C. Cara Pemecahan Masalah

Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana kefektifan penggunaan media untuk meningkatkan daya ingat siswa. Sehingga meninggkatkan daya ingat siswa. Sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan media pembelajaran berupa kartu review untuk meningkatkan daya ingat.

D. Tujuan dan Manfaat

Tujuan:

- Untuk mengetahui kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi melalui penggunaan kartu review.

- Untuk mengukur hasil belajar siswa dalam pembelajaran siswa dalam pembelajaran biologi melalui penggunaan kartu review

Manfaat:

- Meningkatkan hasil belajar siswa

- Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

- Membuat materi yang diajarkan menjadi bermakna

- Meningkatkan kompetensi setiap siswa dan kelompok

- Memberikan alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa

E. Kerangka Teoritik dan Hipotesis Tindakan

1. Kerangka Teoritik

Proses belajar/mengajar adalah fenomena yang kompleks. Segala sesuatunya berarti-setiap kta, pikiran, tindakan dan asosiasi dan sampai sejauhmana anda mengubah lingkungan, prestasi, dan rancangan pengajaran, sejauh itu pula proses bealajar berlangsung (Lozanov, 1978).

Di dalam proses belajar menciptakan lingkungan yang optimal baik secara fisik maupun mental merupakan suatu cara untuk membuat siswa merasa nyaman sehingga menciptakan keadaan pikiran yang ideal untuk belajar secara optimal. Sehingga hal tersebut menyebabkan siswa berkonsentrasi dengan mudah. Seorang guru untuk mengajarkan materi kepada siswa harus memiliki trik-trik tertentu berupa kata kunci melalui pengulangan kata-kata tertentu. Melalui penanggulangan, sel-sel saraf menjadi terhubung dan termielinasi untuk memudahkan dalam mengingat informasi tanpa pengulangan berkala, mielin akan hilang (Bobbi De Porter dan Mike Hernarki, 2002).

Untuk memiliki memori yang baik, anda harus secara sadar memasukkan tidak hanya fakta, tetapi juga makna dan asosiasi. Jika informasi mempunyai makna bagi anda. Anda akan lebih mudah mengingatnya daripada daftar fakta dan angka yang acak. Untuk memaksimalkan memori, anda harus membuat informasi tersebut bermakna. Yang kami maksud bermakna adalah memahami informasi dan memberinya makna pribadi. Biasanya siswa tidak mengingat informasi saat ujian karena informasi itu tak terlalu bermakna bagi mereka; hanya sekedar nama dan tanggal yang campur aduk. Mengetahui apa pentingnya suatu informasi akan sangat membantu siswa mengingatnya. Memberi makna pribadi mengasosiasikannya dengan hal-hal dari kehidupan mereka sendiri juga akan membantu. (Bobbi De Porter dan Mike Hernacki, 2002).

Berdasarkan hal di atas, membuat asosiasi adalah alat bantu yang luar biasa, hanya dibatasi imajinasi. Penelitian tentang otak baru-baru ini menunjukkan bahwa mengaitkan informasi dengan persepsi indriawi yang kuat – pandangan, bunyi, bau, dan rasa – membuatnya jauh lebih mudah diingat karena otak memilih informasi ke dalam kategori-kategori ini, menyimpan bit demi bit informasi secara terpisah. Saat memikirkan bunga mawar, misalnya anda mengingat dari bagian otak yang berbeda-beda: warna, bau dan rasa bunga. Tetapi semua potongan itu bergabung membentuk mawar. (Damasio, 1994).

Kartu review merupakan stimulus. 20 siswa pertama merupakan perangsang (SP), group (G) adalah kelompok penjawab karena merupakan harapan kemampuan menjawab perkelompok SK (sekelompok siswa yang maju setelah kartu diulang). KDI merupakan peningkatan daya ingat siswa terhadap pertanyaan yang diulang kembali.





2. Hipotesis Tindakan

Berdasarkan kerangka teoritik tersebut maka hipotesis tindakan yang diajukan adalah sebagai berikut:

Penggunaan kartu review dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan daya ingat dan hasil belajar siswa.

F. Rencana Penelitian

1. Seting dan karakteristik subjek penelitian

Penelitian ini diadakan di SMPN 5 Serang kelas VIII D dengan jumlah siswa 40 orang. Banyaknya kelas VIII. Kelas VIII D terpilih sebagai kelas penelitian karena sesuai jadwal. Jumlah siswa 25 orang putri dan 15 putra dengan kemampuan yang heterogen.

2. Variabel Penelitian

Variabel yang akan diteliti terdiri dari variabel bebas (stimulus). Variabel terikat (respon) dan variabel kontrol.

a. Variabel bebas: penggunaan kartu review

b. Variabel Respon : Peningkatan hasil belajar

c. Variabel Kontrol : Pengajar setiap siklus dan waktu untuk menjawab pertanyaan yang ada di kartu review.

3. Rencana Tindakan

a. Perencanaan

1. Menentukan rumusan masalah indikator keberhasilan,variabel penelitian sarana

dan prasana. Instrumen penelitian dan teknik pengolahan data.

2. Membuat sekenario model kooperatif tipe (think solve cuestion together)

3. Membuat kartu review berwarna warni, dan membuat jawaban denga warna

yang sama

4. Membuat lembar obserfasi

- Kemampuan sisw untuk menjawab soal

- Kemampuan siswa untuk menjawab pretest dan post test

5. Perencanaan Tindakan

1 Siklus 1:Memupuk suasana keberanian siswa untuk menjawab pertanyaan dengan mengginakan kartu riview.Meningkatkan kualitas dan kuantitas jawaban siswa dengan pertanyaan yang sama dengan menggunakan kartu review.

2. Siklus 2: Memperkenalkan cara yang sudah pernah diberikan sebeumnya Memupuk keberanan siswa untuk menjawab pertanyaan. Meningkatkan kualiatas dan kuantitas jawaban siswa dengan soal –soal yang berbeda dengan siklus pertama.

b. Pelaksanaan Tindakan

Guru memotifasi siswa agar memperhatikan pembelajaran dikelas, agar siswa dapat menjawb pertanyaan yang diberikan.

c. Pengamatan

Pengamatan dilakukan denagn mencatat, setiap jawaban dari kelompok, seberapa banyak jawaban yang benar maupun jawaban yang salah dati setiap kelompok tersebut. Baik sebelum atau sesudah kartu review diulang.

d. Refleksi

Pada tahap refleksi dikaji apa yang telah terjadi dan / atau terjadi apayang belum berhasil dan sudah berhasil setelah diberi tindakan, komponen- komponen refleksi meliputi : analisis, pemsknaan, penjelasan, penyusunan kesimulan dan identifikasi tindak lanjut.


4. Data Dan Cara Pengumpulannya

a. Sumber data : siswa

b Jenis data : data kualitatif meliputi data kemampuan menjawab siswa yang dikelompokan pada empat kategori: kurang, cukup, baik, dan baik sekali. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa

c. Cara pengambilan data

1. data kualitas daya ingat siswa dalam menjawab pertanyaan,dengan lembar observasi 1.

2. data jumlah dan kualitas jawaban diperolehdengan lembar observasi 2

3. data hasil belajar siswa diperoleh dengan hasil belajar siswa pada awal ( pre test ) dan akhir belajar ( post test ) satu pokok bahasan.

5. Indikator Keberhasilan

a. Kualitas daya ingat siswa dalam menjawab pertanyaan lebih 60 % memiliki kategori baik.

b. Lebih dari 60 % siswa mempunyai daya ingat yang baik

c. Kualitas pertanyaan dari kartu review dengan C1 ( hafalan ) C2 ( pemahaman ) lebih besar dari pada lebih besar dari C3. dengan kata lain C3 kurang dari 50 %.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com